BAZNAS KOTA BANJARMASIN LAKSANAKAN PEMBINAAN USAHA MIKRO KECIL UMK DAN BANTU MODAL 25 JUTA RUPIAH

 


BAZNAS Kota Banjarmasin laksanakan "Pembinaan Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk Pelaku Usaha se-Kota Banjarmasin" pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 bertempat di Hotel Zuri Express Km. 5,5 Banjarmasin.

kegiatan ini dibuka oleh Drs. H. Gt. Suria Darmani, MM. selaku Wakil Ketua BAZNAS Kota Banjarmasin serta dihadiri pula oleh pejabat Kantor Kementerian Agama, dalam hal ini diwakili Oleh H. Ismail Sani, S.Ag selaku Kepala Seksi Zakat dan Wakaf, serta seluruh unsur pelaksana BAZNAS Kota Banjarmasin sekaligus sebagai panitia.

kegiatan yang diikuti sebanyak 50 orang pedagang atau pelaku usaha binaan BAZNAS Kota Banjarmasin ini diisi dengan penyampaian materi, yang pertama oleh Dr. Budi Rahmat Hakim, S.Ag., M.H.I. dengan judul "Motivasi Berbisnis dalam Islam" dan yang kedua oleh DR. H. Suyanto, MM., MNLP., CRMP., CI. dengan judul "Laporan Keuangan Dasar".

Pembinaan UMK ini merupakan bagian dari salah satu program bantuan UMK untuk pelaku usaha kecil se-Kota Banjarmasin yang telah menerima pinjaman modal bergulir tanpa bunga dan tanpa biaya administrasi dari BAZNAS Kota Banjarmasin yang berkisar mulai dari 1jt hingga 5jt rupiah.

Fauziah Kamila, S.Sos.I., M.Pd. selaku Kepala Bagian Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Kota Banjarmasin memaparkan tujuan dari pelaksanaan program bantuan dan pembinaan UMK ini sebagai salah satu perwujudan dari Misi BAZNAS Kota Banjarmasin, yaitu menjadikan mustahik (orang yang berhak menerima zakat) menjadi Muzakki (orang yang berkemampuan dan wajib berzakat). Adapun teknis perwujudan hal tersebut adalah dengan memotivasi dan memonitoring agar pelaku UMK senantiasa mengembangkan usahanya agar dapat memiliki penghasilan yang setara dengan nisab zakat dan mendorong agar senantiasa gemar beinfak atau bersedekah.

Sebelumnya, BAZNAS juga telah melaksanakan program "BAZ-MART" dengan memberikan bantuan Modal total 25 juta rupiah secara "cuma-cuma" dan Plang Papan Nama Warung kepada 10 orang pegiat UMK binaan BAZNAS Kota Banjarmasin yang telah selesai dibina selama 5 tahun. Seluruh rangkaian program bantuan dan pembinaan UMK ini merupakan bagian dari langkah nyata BAZNAS Kota Banjarmasin dalam memajukan perekonomian masyarakat di Kota Banjarmasin dengan "sentuhan" Zakat, Infak, dan Sedekah". Drs. H. M. Nusri, MSI. selaku Kepala Bagian Pengumpulan BAZNAS Kota Banjarmasin mengucapkan terimakasih kepada para donatur atau muzakki atas perhatian dan kepercayaannya dalam menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melalui BAZNAS Kota Banjarmasin.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama